Walikota Pontianak Harapkan International Dragon Boat Jadi Event Tahunan

SPORTA INDONESIA – Event pesta olahraga bertajuk International Dragon Boat segera dilaksanakan di ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Event yang digelar oleh Pemerintah Kota Pontianak bekerjasama dengan Sporta Indonesia ini direncanakan akan dilaksanakan pada 20-22 September  2019 mendatang yang sekaligus guna merayakan event tahunan kulminasi matahari atau hari tanpa bayangan.

Guna mensukseskan event tingkat internasional ini, pihak penyelenggara melakukan pengecekan venue untuk cabang olahraga dragon boat yang sekaligus dalam rangka kesiapan dan promosi event olahraga tersebut. Jum’at, (26/7).

Adapun dalam pelaksanaan ini turut dihadiri oleh Wali Kota Pontianak, Wadan Lantamal XII Pontianak, Dandim 1207, Kapolresta Pontianak, Rektor Universitas Tanjungpura, Ketua KONI Kota Pontianak, Ketua PODSI Kalbar, Ketua PODSI Pontianak, Yayasan Bhakti Suci serta seluruh atlet dayung Kota Pontianak yang akan bertarung dalam event International Dragon Boat nantinya.

Ongky Lesmana, Ketua Umum Sporta Indonesia menyatakan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini ialah guna menjadikan Pontianak sebagai tujuan pusat olahraga dan pariwisata.

“Event yang akan dilaksanakan dalam moment titik kulminasi matahari di tanggal 20-22 September ini diharapkan menjadi tujuan sport and tourism untuk potensi yang besar bagi masyarakat Kota Pontianak,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa demi kelancaran event ini, pihaknya juga akan bekerjasama dengan TNI dan POLRI dalam hal menjaga kondusifitas dan keamanan. Lebih jauh, dukungan dari berbagai pihak juga sangat penting dalam terselenggaranya event ini nantinya.

“Dalam kelancaran event nantinya, untuk pihak keamanan kita bekerjasama dengan POLRI dan TNI serta dinas terkait lainnya agar sukses bersama. Kegiatan ini juga turut didukung penuh oleh  Disporapar Kota Pontianak, KONI Kota Pontianak, PODSI Kota Pontianak dan PODSI Kalbar. Olahraga dayung ini menjadi potensi yang bagus agar mendatangkan wisatawan ke Kota Pontianak.” tambahnya

Dukungan penuh juga hadir dari Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Ia menyatakan bahwa Potensi Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang sangat cocok digunakan sebagai ajang penarik wisatawan.

“Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang ini potensi yang kita manfaatkan untuk kejuaraan International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run yang akan dilaksanakan pada saat kulminasi matahari. Nantinya kita akan mengudang negara-negara sahabat selain atlet-atlet  Indonesia dan Kalimantan Barat sehingga nantinya dapat menarik wisatawan untuk datang ke Pontianak,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia juga menyatakan harapannya dengan terselenggaranya event International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run 2019 nantinya.

“Mudah-mudahan event ini dapat menjadi event tahunan tetap yang memberikan manfaat positif bagi seluruh olahraga dayung dan seluruh masyarakat Kota Pontianak,” pungkasnya

(Sporta Indonesia/Rio Pratama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *