SINGKAWANG CREATIVE TOUR

Sporta Indonesia- Setelah menyuguhkan Singkawang Creative Night, Pemkot Singkawang bersama dengan Sporta Indonesia mengadakan Singkawang Creative Tour ke empat lokasi.

Tour diawali dengan mengunjungi Singkawang Creative Hub (SCH). Singkawang Creative Hub merupakan wadah untuk menampung segala kreatifitas dan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif memamerkan hasil karyanya. Selama di SCH para peserta berkesempatan melihat pembuatan keramik dari tanah liat, proses pembuatan kain tenun dari mesin tenun tradisional bahkan menyaksikan langsung proses membatik motif Singkawang.
Selain berkesempatan untuk melihat dan membeli karya kreatif. Peserta yang berkunjung juga disuguhi kuliner khas Kota Singkawang yang memanjakan lidah mulai dari Choi Pan, Bubur Gunting dan Limun Sarsi.

Tour dilanjutkan menuju Buy Fresh By Farm di Singkawang Timur dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota.
Setibanya di Buy Fresh By Farm para peserta disambut dengan tarian penyambutan adat dayak oleh warga setempat.
Peserta menikmati makan siang dengan minuman lemon segar yang baru dipetik dari perkebunan dan pemandangan perkebunan yang asri.
Terdapat banyak buah buahan segar yang bisa dijadikan buah tangan, mulai dari alpokat mentega khas Singkawang, lemon, mangga hingga kiwi.

Usai berkunjung di Buy Fresh By Farm, tour kembali dilanjutkan ke klenteng Thai Pak Kung yang merupakan klenteng terbesar di Kota Singkawang sambil menikmati penampilan musik otentik 8 Dewa Singkawang.

Creative tour ditutup dengan mengunjungi Rumah Radank di Singkawang Selatan dengan menikmati atraksi sumpitan adat dayak oleh warga setempat.
Para peserta pun berkesempatan untuk mencoba langsung menyumpit dengan menggunakan bambu panjang yang merupakan alat berburu tradisional suku dayak.

Penulis: Dea Dewi & Vindri Hardiyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *