PVBC dan BUDI CUP Ajang Kompetisi Bola Basket Menarik di Pontianak

SPORTA INDONESIA – Pagelaran pesta olahraga bola basket  Pontianak Veteran Basket Community (PVBC) dan Basket Usia Dini (Budi) CUP segera dilaksanakan. PVBC dan BUDI CUP merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh pencinta olahraga bola basket bekerjasama dengan Sporta Indonesia dan telah terselenggara pada tahun ke lima. Kegiatan ini diagendakan akan diselenggarakan di Lapangan Perbasi Pontianak pada 1-7 April mendatang sedangkan technical meeting diselenggarakan di Hotel Harris Pontianak. Jum’at, (29/3).

Murtopo, ketua umum PVBC menyatakan lahirnya PVBC berawal dari kecintaannya pada bola basket dan pengalamannya selama mengikuti berbagai event basket baik lokal maupun nasional.

“PVBC ini berawal dari pengalaman-pengalaman saya mengikuti basket veteran KU 40 tingkat nasional seperti di Malang, Surabaya, Semarang dan dikota lain dari situ saya punya ide untuk membentuk skala lokal saja supaya kita punya wadah untuk veteran-veteran (pebasket senior diatas 40 tahun-red”

“Ini sudah tahun kelima, sudah lima tahun kita laksanakan. Diawal kita mulai hanya tujuh tim dan tahun kelima sudah ada sepuluh tim. Pesertanya club-club yang ada di Pontianak baik club tua maupun club baru yang antusia. Ini sebenarnya untuk menggairahkan kembali mereka yang pernah membela tim Kalbar di PON atau PRAPON untuk menarik minat mereka,” ungkapnya.

Selain PVBC, pertandingan lain yang dilaksanakan bersamaan dalam even ini ialah BUDI CUP. Murtopo kembali menyatakan bahwa BUDI CUP merupakan ajang pertandingan yang lahir karena minimnya kejuaraan bola basket anak-anak dahulu.

“BUDI CUP pertama tercetus karena sangat tidak ada kejuaran tingkat SD di Pontianak maupun Kalimantan Barat, saya fikir anak-anak sekolah merupakan bibit kita yang akan datang yang perlu kita bina. Lalu kita kumpulkan dengan konsep awal bermain, agar mereka mencintai bola basket dengan kompetisi dengan fun dan akhirnya seiring antara PBVC dan BUDI CUP ditahun kelima,”

“BUDI CUP pertama lima tahun yang lalu telah meloloskan tim PON Kalbar, begitu juga bebapa ajang besar di Kalbar juga dahulunya anak-anak pemain BUDI CUP. BUDI CUP banyak melahirkan pemain-pemain muda yang berbakat yang dipakai oleh PEMKOT dan PEMPROV dan itu jadi salah satu tujuan kita menyelenggarakan even ini,” jelasnya

Lebih jauh, Murtopo menyatakan harapannya dalam terselenggaranya kompetisi PBVC dan BUDI CUP tersebut.

“Saya harapkan kejuaraan tetap berjalan secara sukses, yang BUDI CUP terus ditingkatkan lagi dan semoga sekolah-sekolah negeri mulai ikut dan mengirimkan perwakilannya. Semoga dapat kita tingkatkan lagi dan kita adakan kompetisi tingkat utuh nantinya. Jika itu terjadi, maka tujuan saya disitu sudah tercapai,” pungkasnya. (Sporta/Rio).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *