PORSI MAKAN UNTUK BERBUKA PUASA

Sporta Indonesia- Kurang lebih 13 jam berpuasa menahan makan dan minum tak jarang membuat kita kalap untuk porsi makan saat berbuka. Padahal akan lebih baik jika kita mengetahui porsi sewajarnya. Dilansir dari hellosehat.com saat berbuka puasa sangat disarankan untuk mengutamakan minum air putih dan makan makanan rendah lemak serta mengandung gula alami. Untuk itulah, segelas air putih dan beberapa buah kurma jadi pilihan. Segelas air putih bisa membantu memenuhi asupan cairan yang belum terpenuhi. Kurma mengandung gula alami yang bisa dijadikan tubuh sebagai energi. Makanan ini juga kaya akan kalium, tembaga, mangan, dan serat.

Berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan RI, porsi sekali makan untuk buah, bisa berupa:

  • 150 gram pepaya atau setara dengan 2 buah potong pepaya berukuran sedang,
  • 110 gram buah jeruk atau setara dengan 2 buah jeruk ukuran sedang, dan
  • 50 gram atau 1 buah pisang ambon kecil

Beri jeda sekitar 30 menit setelah menikmati makanan takjil sebelum makan malam.

Makanan PokokĀ 

Jenis makanan ini mengandung karbohidrat tinggi. Masyarakat Indonesia biasanya memilih nasi sebagai makanan pokok. Meski begitu, Anda masih bisa memilih makanan pokok lain, seperti mi kering atau kentang. Porsi nasi untuk makan malam tidak lebih dari 150 gram, atau setara dengan 3 centang nasi. Jika ingin menggantinya dengan kentang, pilih 300 gram kentang atau setara dengan 2 buah kentang ukuran sedang. Agar tidak bosan, Anda bisa juga bisa menggantinya dengan 1 1/2 gelas mi kering dengan total berat 75 gram.

Lauk Pauk

Selanjutnya lauk pauk untuk makan malam bisa terdiri dari lauk hewani dan lauk nabati. Porsi makan untuk buka puasa ini adalah 75 gram ikan kembung.Jika Anda punya alergi dengan makanan laut atau bosan dengan ikan, daging ayam, daging sapi, dan telur bisa jadi pilihan. Untuk daging ayam, porsinya sebanyak 80 gram atau setara dengan 2 potong ayam tanpa kulit.Bisa juga diganti dengan 55 gram telur yang setara dengan 1 butir telur ayam berukuran besar atau 70 gram daging sapi, yakni 2 potong daging sapi ukuran sedang.

Sayur Mayur

Terakhir, untuk porsi makan sayuran saat buka puasa adalah 150 gram sayur atau sekitar 1 mangkok sedang. Porsi ini cukup memenuhi asupan sayuran per harinya. Anda bisa memilih satu macam sayur, atau campuran sayur, seperti capcay yang terdiri dari brokoli, buncis, jamur, sawi putih, dan wortel. Semakin warna-warni pilihan sayurannya, semakin bervariasi zat gizi yang Anda dapatkan.

 

Sumber: Hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *