PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA

Sporta Indonesia- Dikutip dari USA Today, tema Hari Bumi 2022 adalah “Invest in Our Planet” atau “Berinvestasi di Planet Kita”.

Tema Hari Bumi 2022 tersebut diambil lantaran di tengah krisis iklim yang berkembang diperlukan advokasi dan tindakan lingkungan sangat penting, yang semakin menggarisbawahi perlunya “Berinvestasi di Planet Kita”.

Pada awal bulan ini, United Nations’ Intergovernmental Panel on Climate Change menerbitkan sebuah laporan yang memperingatkan bahaya kenaikan suhu Bumi akibat pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius dapat menjadi di luar jangkauan jika pengurangan emisi yang signifikan di semua sektor tidak dilakukan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi merayakan hari bumi, berikut kegiatan yang dapat dilakukan sebagaimana disarikan dari Earthwatch Institute dan Global Citizen.

1. Menggunakan botol minum sendiri

Sebagian besar air mineral dikemas dalam botol sekali pakai. Botol-botol tersebut hanya akan berakhir di tempat sampah, lautan, dan tempat lain yang membahayakan organisme dan lingkungan. Menggunakan botol minum sendiri dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi tindakan kecil yang bemanfaat besar bagi lingkungan.

2. Membersihkan lingkungan

Di hari bumi, Anda dapat lebih memperhatikan lingkungan sekitar dengan membersihkan sampah. Berkeliling di kompleks rumah sambil membawa kantong sampah dan memungutnya dapat menjadi pilihan kegiatan di hari bumi.

3. Menghemat energi di rumah

Setiap bangunan termasuk rumah banyak mengkonsumsi energi untuk listrik. Efesiensi penggunaan energi dapat dilakukan dengan mematikan lampu dan barang elektronik jika sudah tidak dibutuhkan. Memakai peralatan elektronik hemat energi juga bisa dilakukan.

4. Membuat taman hujan

Membuat taman hujan dengan menanam tanaman hijau di halaman depan atau belakang rumah dapat menjadi kegiatan bermanfaat. Di samping mempercantik rumah, tanaman dapat membantu meningkatkan kualitas air dan mencegah banjir.

5. Melakukan pengomposan

Pengomposan makanan dan bahan yang dapat terurai secara hayati adalah cara yang bagus untuk memberi makan tanah, organisme di dalam tanah, dan kehidupan tanaman sambil mengurangi limbah.

 

Sumber tulisan: Kontan.co.id dan Tirto.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *