Pemkot Pontianak Segera Peringati Kulminasi Matahari 21-23 Maret 2020

SPORTA INDONESIA – Pontianak menjadi kota yang spesial karena dilalui langsung oleh garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan terjadinya kulminasi atau hari tanpa bayangan. Peristiwa ini terjadi dua kali dalam satu tahun yaitu pada 21-23 setiap bulan Maret dan September setiap tahunnya dan selalu diperingati secara meriah oleh Pemerintah Kota Pontianak dan seluruh warga masyarakat yang ada.

Guna memperingati pesona kulminasi matahari yang segera terjadi pada 21-23 Maret 2020 mendatang, pemerintah Kota Pontianak bersama Sporta Indonesia akan menggelar berbagai kegiatan dengan berbagai rangkaian kebudayaan khas Pontianak serta hiburan dan juga perlombaan-perlombaan.

Ongky Lesmana, Ketua Umum Sporta Indonesia menyatakan beberapa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini.

“Hal ini diselenggarakan sudah pasti guna memperingati terjadinya peristiwa alam yaitu kulminasi matahari yang merupakan fenomena langka dimana saat itu matahari berada tepat di titik nol derajat. Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini seperti guna memperkenalkan Pontianak dimata nasional dan internasional, sarana silaturahmi lintas generasi antar suku dan agama, sarana mengenalkan UMKM dan komunitas dan sesuai dengan tagline Pontianak sendiri yaitu untuk membuat #PontianakBangge,” ungkapnya Selasa, (18/2).

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat di dukung oleh pemerintah Kota Pontianak.

“Tentunya kegiatan berbau seni dan budaya seperti ini menjadi perhatian oleh pemerintah Kota Pontianak sehingga mari kita bersama saling berkolaborasi guna melancarkan pelaksanaan kegiatan ini nantinya,” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan Pesona Kulminasi Matahari yang akan dilaksanakan pada 21-23 Maret 2020 nantinya akan diisi oleh berbagai kegiatan dan perlombaan yang dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat.

Berbagai acara sedang disusun, berbagai kesenian dan budaya serta perlombaan-perlombaan juga tersedia sehingga dapat disaksikan dan diikuti oleh seluruh masyarakat yang ada,” pungkasnya. (Sporta / Rio Pratama).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *