Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis Siap Semarakkan PIDB dan Khatulistiwa Run 2019

SPORTA INDONESIA – Pemerintah Kota Pontianak Khususnya Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar rapat dan koordinasi penampilan pagelaran seni budaya multi etnis 2019 bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Disdikbud Kota Pontianak. Senin, (2/9). Kegiatan ini turut dihadiri oleh puluhan perwakilan etnis yang ada di Pontianak.

Pagelaran seni budaya multi etnis akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan event olahraga Pontianak International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run 2019. Kedua kegiatan ini akan di sinergikan dalam rangka memeriahkan hari tanpa bayangan atau kulminasi matahari yang berlangsung pada tanggal 20-23 September nantinya.

Rendrayani, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak menyatakan bahwa tujuan dari akan dilaksanakannya kegiatan ini ialah untuk menunjukan bahwa Pontianak ialah miniaturnya Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menunjukkan bahwa Pontianak ini bukan hanya Cidayu (Cina, Dayak, Melayu-red) tapi ada 22 suku yang ada di Kota Pontianak, kita ingin tampilkan Indonesia nya yang di Pontianak,”

“Tujuan lainnya selain untuk menyemarakkan kulminasi matahari dan International Dragon Boat kita juga ingin menjalin adat dan budaya yang ada di Kota Pontianak sehingga kerukunan antar suku dan etnis ini lebih utuh,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia menyatakan komitmen Disdikbud Kota Pontianak dalam pelaksanaan event serupa kedepannya.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kami berkomitmen akan melanjutkan penampilan multi etnis ini dan kami sangat bersyukur dari bapak Walikota sangat support kegiatan seperti ini,” tambahnya

Ia juga menambahkan harapannya untuk terselenggaranya kegiatan ini nantinya.

“Kita mengharapkan seluruh warga Pontianak dan mancanegara bisa mengenal seni dan budaya yang ada di Pontianak yang sifatnya Indonesia, tapi dikenal di Kota Pontianak. Karena kalau kita melihat secara langsung akan terasa semangat Indonesianya,” tuturnya.

Hal serupa diungkapkan Yansen, Direktur Utama Sporta Indonesia sebagai penyelenggara pelaksanaan International Dragon Boat dan Khatulistiwa Run 2019. Menurutnya, sinergi bersama kegiatan semacam ini sangat baik dilakukan guna menunjukkan toleransi dan keberagaman yang ada.

“Kegiatan seperti ini sangat baik dilakukan, mengingat Indonesia ini beragam sehingga kita dapat menunjukkan keberagaman dan juga saling hidup berdampingan dan toleransi,” pungkasnya

(Sporta Indonesia/Rio Pratama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *