OLAHRAGA YANG COCOK UNTUK LANSIA

SPORTA INDONESIA- Olahraga menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Bahkan seorang lansia sekalipun tetap membutuhkannya.

Lansia tetap disarankan untuk berolahraga ringan dengan waktu per 30 menit saja sehari.

Dilansir dari health.detik.com olahraga yang bisa dilakukan oleh lansia meliputi:

1. Kardio

Kardio dapat dilakukan dengan cara jogging ringan dengan menggunakan treadmill. Namun jika tidak memiliki treadmill, kardio dapat diganti dengan berjalan-jalan di sekitaran rumah. Namun, jika para lansia tidak dapat keluar rumah, kardio dapat dilakukan dengan cara jalan ditempat di dalam rumah.

2. Berenang

Olahraga renang tidak membebani tulang dan sendi yang melemah akibat penuaan.

3.Bersepeda

Olahraga yang dapat dilakukan selanjutnya hanya dengan waktu 30 menit adalah bersepeda. Tidak harus keluar rumah, lansia juga dapat bersepeda dengan menggunakan sepeda statis.

4. Yoga, Taichi, dan Stretching

Lansia juga dapat merelaksasikan tubuh mereka dengan yoga atau taichi. Olahraga ini dapat dilakukan sekaligus beristirahat sejenak. Stretching atau peregangan juga sebaiknya dilakukan agar otot tetap dalam kondisi terbaik.

5. Senam

Olahraga terakhir yang dapat dilakukan oleh para lansia adalah senam. Latihan senam tentu melibatkan seluruh tubuh, serta bagus untuk melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.

 

Sumber: Health.Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *