MANFAAT LUMUT LAUT BAGI KESEHATAN

SPORTA INDONESIA- Sudah pernah menkonsumsi rumput laut?  Mungkin sudah banyak yang pernag mencoba. Namun bagaimana dengan lumut laut?

Tanaman ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Artis Hollywood seperti Kim Kardashian West bahkan sering menambahkan lumut laut ke dalam smoothie.

Dilansir dari Well and Good, lumut laut adalah spesies ganggang merah yang ditemukan di garis pantai Atlantik di Amerika Utara, Eropa, dan Kepulauan Karibia. Lisa Richards, CNS, ahli gizi dan penulis The Candida Diet menyebutkan bahwa lumut laut telah lama digunakan sebagai obat alternative dalam budaya Jamaika dan Irlandia. Dan menjadi cukup popular di industri kesehatan.

“Mereka yang mengonsumsi lumut laut mendapatkan manfaat mulai dari dukungan kekebalan tubuh hingga suasana hati dan peningkatan emosi,” sambungnya.

Richards mengatakan bahka satu diantara manfaar lumut laut yang cukup popular yaitu menjaga kesehatan pencernaan. Sebab Lumut laut berfungsi sebagai prebiotik dalam usus.

Prebiotik adalah bahan yang memberi makan bakteri baik dalam usus, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selain itu, lumut laut memiliki tekstur berlendir dan lengket yang kaya akan kandungan serat (mirip seperti chia seeds dan flaxseeds).

Lumut laut juga kaya akan mineral-mineral utama tertentu, seperti magnesium dan zat besi, yang berguna untuk fungsi tubuh yang sehat. Jumlah zat besi dalam lumut laut sangat signifikan.

Selain itu, lumut laut juga mengandung folat yang baik untuk kesehatan bagi wanita hamil dan protein. Richards juga mengatakan bahwa lumut laut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan otak dan jantungmu.

 

sumber: gaya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *