LAKUKAN OLAHRAGA INI UNTUK TINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH!

SPORTA INDONESIA- Ditengah gejolak pandemic Covid-19 yang setiap hari semakin tinggi, kita sangat perlu untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit dan sehat.

Secara alami, sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan meningkat jika rutin berolahraga. Pergerakan yang terjadi pada tubuh mampu meningkatkan sirkulasi yang baik, kemudian memungkinkan sel dan zat dari sistem kekebalan untuk bergerak di dalam tubuh dengan bebas sehingga mampu melakukan tugasnya secara efisien.

WHO merekomendasikan setidaknya melakukan olahraga optimal hingga 300 menit per minggu. Artinya, minimal sekitar 45 menit hingga 60 menit tiap hari.

Berikut ini olahraga yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh:

  1. Senam

Senam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu dikarenakan tubuh kita yang bergerak dinamis sehingga membantu  kekuatan jantung, tulang, dan paru-paru, serta tulang otot lebih kuat. Selain itu senam juga mampu meningkatkan mood dan mengurangi stress. Ada baiknya melakukan senam di rumah saja dan melihat tutorial jika tidak memiliki instruktur senam.

  1. Strength Training

Strength Training atau latihan kekuatan adalah  jenis olahraga yang melibatkan otot-otot tubuh dengan tujuan memperkuat serta mengencangkan otot tubuh. Olahraga ini dapat memompa darah dengan baik, sehingga sirkulasi darah makin lancar. Dengan lancarnya sirkulasi darah akan membantu tubuh memproduksi hormon endorphins, untuk melawan rasa stres.

  1. Lari

Lari juga menjadi salah satu olahraga yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Saat lari, paru-paru dan kerja jantung secara otomatis dilatih. Proses ini membantu mengeluarkan bakteri dan patogen lainnya dari paru-paru dan aliran pernapasan. Selain itu, manfaatnya dapat mengurangi risiko penyakit peradangan kronis, meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi, mempersiapkan kekebalan tubuh dari infeksi dan risiko perkembangan bakteri.

 

Sumber: gaya.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *