IOC LARANG ATLET RUSIA BERLAGA DI KEJUARAAN INTERNASIONAL

Sporta Indonesia- Komite Olimpiade Internasional atau IOC melarang atlet Rusia berlaga di kejuaraan internasional menyusul keputusan Presiden Vladimir Putin menginvasi Ukraina.

IOC mendesak negara-negara anggota untuk melarang Rusia dan Belarusia ambil bagian dalam acara olahraga internasional setelah pasukan Rusia menyerbu Ukraina.

IOC juga mencabut Olympic Order, penghargaan tertingginya, dari semua pejabat tinggi Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin. Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Dewan Eksekutif IOC mengeluarkan pernyataan,

”Merekomendasikan agar Federasi Olahraga Internasional dan penyelenggara acara olahraga tidak mengundang atau mengizinkan partisipasi atlet dan pejabat Rusia dan Belarusia dalam kompetisi internasional”.

Jika tidak memungkinkan karena ”alasan organisasi atau hukum”, IOC meminta pejabat olahraga untuk melakukan ”segala daya mereka” untuk mencegah atlet dari kedua negara mengambil bagian atas nama Rusia atau Belarusia.

Komite Olimpiade Rusia (ROC) dengan tegas tidak setuju dengan IOC, dengan mengatakan keputusan itu

”Bertentangan dengan dokumen peraturan IOC dan Piagam (Olimpiade)”. ”Sebagai langkah pertama, kami menganggap perlu untuk mengirim permintaan ke federasi internasional untuk tanggapan resmi tentang status atlet Rusia dan hak mereka untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional karena fakta bahwa … federasi yang memiliki wewenang untuk mengakui atlet ke kompetisi internasional di cabang olahraga masing-masing”. kata ROC dalam sebuah pernyataan.

Sumber: Sport.sindonews.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *