HIDUP MINIMALIS CARA MENYEGARKAN KEHIDUPAN

 

SPORTA INDONESIA– Pernah nggak kamu merasakan hidup terlalu berlebihan dan terasa terlalu penuh, terutama untuk perihal barang-barang yang kamu miliki? Nah, jika pernah kamu tidak sendiri. Kesempatan kali ini SportaIndonesia akan berbagi tips menarik untuk membuat hidup mu sedikit lebih menyegarkan.

Saat ini berbagai gaya kehidupan dapat diadobsi. Tapi apa kamu sudah pernah mendengar gaya hidup minimalis? Penjelasan sederhananya gaya hidup minimalis adalah memfokuskan diri dengan hal-hal dan barang-barang yang hanya kamu perlukan. Jika saat ini kamu memiliki banyak barang di rumah dan semua itu membuat rumah terasa penuh serta banyak yang tidak terpakai, maka kamu dapat meminimalisasinya.

Hidup minimalis memiliki satu tujuan utama yaitu memiliki barang yang lebih sedikit. Namun kenyataanya hidup minimalis memiliki arti yang sangat besar.

Menurut Joshua Fields Millburn & Ryan Nicodemus, seorang penulis, pemilik podcast, pembuat film, dan public speaker tentang menjadi seorang penggiat minimalis, minimalisme adalah sebuah “alat” yang dapat membantumu mendapatkan kebebasan. Kebebasan dari rasa takut, kekhawatiran, kebingungan, rasa bersalah, depresi, dan dari perangkap budaya konsumerisme yang telah lama mendarah daging di masyarakat modern.

Menjadi seorang yang hidup minimalis berarti kamu memilih untuk hidup dengan jumlah kepemilikan yang sedikit, namun dengan nilai yang lebih tinggi. Minimalisme memungkinkan dirimu untuk membuat keputusan ini secara lebih sadar dan disengaja, sehingga kamu tahu benda yang kamu pilih untuk  disimpan benar-benar penting keberadaannya di hidupmu.

Gaya hidup minimalis memiliki dua keutungan utama, yaitu menghemat waktu dan uang. Semakin sedikit barang yang kita miliki, semakin berkurang waktu yang diperlukan setiap hari untuk membersihkannya.

Menurut sebuah penelitian oleh Darby Saxbe dan Rena Repetti di tahun 2009, memiliki barang yang lebih banyak dapat meningkatkan kortisol (hormon yang memicu stres) dalam diri seseorang. Maka dari itu, membebaskan rumah dari barang tidak terpakai dapat membantu membebaskan pikiranmu. Hidup minimalis juga berpengaruh positif terhadap keuangan mu.

Berikut tips sederhana yang bisa kamu coba untuk memulai hidup minimalis:

  1. Pilihlah warna netral untuk dinding rumah mu. Warna netral dapat membuat pikiran mu lebih tenang saat berada di rumah. Contohnya warna putih, abu-abu, dan kream. Ketiga warna tersebut
  2. Kategorikan dan pilah barang-barang yang akan tetap kamu simpan dalam jangka waktu yang lama. Jika barang-barang yang sudah kamu pilah masih layak bagi orang yang membutuhkan, kamu dapat mendonasikannya. Jika barang yang kamu miliki sudah rusak, lebih baik untuk membuangnya.
  3. Beli kebutuhan perlengkapan secara bijak. Hal ini dimaksudkan agar kamu lebih sadar dan jeli terhadap kegunaan barang tersebut.
  4. Tatalah ruangan dengan nyaman dan menyenangkan. Kamu bisa melihat banyak referensi dari penggiat hidup minimalis melalui youtube dengan kata kunci “room makeover” atau “living room minimalis makeover”.
  5. Mulailah menabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *