ELSA ANASYIA GEMAR RENANG SEJAK KECIL

Sporta Indonesia- Oktober mendatang Elsa Anasyia akan terbang ke Papua untuk mewakili Kalimantan Barat cabor renang. Gadis kelahiran Pontianak 2 Januari 2006 ini akan mengikuti empat nomor yaitu 50 dan 200 meter gaya bebas serta 50 dan 100 meter gaya punggung.

Sebelum terpilih sebagai atlet renang yang mewakili Kalbar, Elsa terlebih dahulu mengikuti Pra PON di Jakarta. Sudah hampir dua tahun lebih yang terhitung dari tahun 2019 Elsa mempersiapkan diri untuk ajang PON.

“Karena pandemik ini harusnya bertanding pada tahun 2020, tapi harus diundur” jelas Elsa saat ditemui di Kolam Renang Ampera. Jumat (08/27/2021).

Saat ini Elsa sedang menjalani program training center (TC) atau latihan terpusat di Pontianak. Demi memperoleh hasil yang maksimal, Elsa bersama sang pelatih Juanda melaksanakan latihan setiap hari senin-sabtu, pagi dan sore hari.

Sedari kecil ia memang sudah gemar berenang di Sungai Kapuas dan pada usia Sembilan tahun sudah mengambil bagian menjadi seorang atlet renang. Hal tersebutlah yang membawanya berhasil menoreh berbagai prestasi. Baik ditingkat nasional dan internasional.

Elsa menceritakan untuk fokus menjadi seorang atlet renang beberapa hal harus dikorbankan, satu diantaranya adalah Pendidikan. Ia terpaksa harus pindah ke beberapa sekolah sejak Sekolah Menengah Pertama karena harus fokus pada TC persiapan Pra PON.

“SMP-nya pindah-pindah, Kelas tujuh di SMP 14 Pontianak, kelas delapan di Jawa Timur SMP Negeri 1 Gresik, kelas Sembilan di SMP 3 Ngabang”, jelasnya.

Kemudian Elsa melanjutkan pendidikannya Sekolah Menengah Atasnya di SMA Negeri 1 Ngabang, Kabupaten Landak.

Ternyata Elsa juga seorang penggemar K-Pop. Ia mendengarkan musik K-Pop untuk merefleksikan diri dari rutinitas persiapan perlombannya.

“Iya saya suka K-Pop dan sering dengerin lagunya. Girlband kesukaan saya ITZY, kalau boyband suka-suka aja. Dengerin lagu Treasure akhir-akhir ini”. Ujarnya

Dukungan dari keluarga juga selalu diperolehnya. “Walau ngga bisa ketemu keluarga karena TC tapi tetap dikasi support dan motivasi”.

Sementara itu, untuk ajang PON XX Papua nanti Elsa berharap dapat membawa mendali untuk dipersembahkan bagi Kalbar.

 

Penulis: Dea Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *