DISPORAPAR DAN SPORTA INDONESIA SUKSES GELAR KALBAR YOUTH SPORT & TOURISM FESTIVAL

SPORTA INDONESIA – DISPORAPAR Kalbar, sukses menggelar tiga kompetisi sekaligus. Tiga kejuaraan ini adalah E-Sport, Chess, dan Bridge yang bertajuk “Kalbar Sport, Youth, and Tourism Festival.

Tiga kejuaraan yang berlangsung 16-20 Desember 2020 di Hotel Golden Tulip Pontianak ini, memperebutkan Piala Gubernur Kalbar dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Adapun pembukaan tiga kejuaraan ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalbar, Jumat (18/12//2020). Hadir pada kesempatan tersebut Kadisporapar Kalbar, Kepala SKPD terkait, Ketua KONI Kalbar, Kabinda yang juga Ketua ESI Kalbar dan melalui Vidcon Ketua Umum PB GABSI.

Adapun nomor-nomor yang dilombakan yaitu untuk E-Sport adalah Mobile Legend Game dan PUBG Mobile, dengan kategori umum. Untuk Chess & Bridge juga dilaksanakan untuk kategori umum.

E-Sport Mobile Legend dan Chess diadakan pada 18-20 Desember 2020 di Hotel Golden Tulip Pontianak dengan ketentuan semua wajib mengikuti Protokol Kesehatan. Sedangkan E-Sport PUBG dimulai dari tanggal 16-19 Desember 2020 dan dilakukan secara online.

Sementara Bridge, dilaksanakan pada tanggal 18-20 Desember 2020 secara online dengan menggunakan aplikasi BBO yang dapat disaksikan melalui aplikasi tersebut.

Kepala Disporapar Kalbar, menyampaikan E-Sport, Chess, and Bridge, adalah Cabor yang sedang berkembang, terutama saat pandemi ovid-19. Tentu saja Cabor ini menjadi pilihan tepat, karena dapat dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi.

“Tujuannya adalah menjadi wadah bagi para penggemar maupun atlet untuk dapat terus berprestasi. Hal ini juga bisa dilihat dengan antusiasme para pemain untuk mengikuti kompetisi lomba tersebut,” tuturnya.

Windy juga menjelaskan, Kejuaraan E-Sport baru pertama kali digelar dengan memeprebutkan Piala Gubernur, yang merupakan bentuk dukungan Pemprov Kalbar agar ESI menelurkan pro player yang luar biasa di Kalbar. Kegiatan ini juga merupakan bentuk inovasi dan kreativitas dalam mengawal para atlet menuju PON XX Papua yang akan diselenggarakan pada 2021.

Terapkan Prokes Covid-19

Kejuaraan Bridge, Chess, dan E-Sport PUBG Mobile and Mobile Legend bertajuk Kalbar “Youth Sport and Tourism Festival” diikuti oleh ratusan peserta. Pihak panitia memastikan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan pada kegiatan ini.

Ketua Umum Sporta Indonesia, Ongky Lesmana, sebagai Ketua Pelaksana menyakinkan bahwa pihakya bekerjasama dengan berbagai pihak, termasik Dinkes Kalbar untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

“Jadi semua peserta wajib menggunakan masker, sarung tangan dan handsanitizer. Jadi untuk menghindari ruangan penuh, beberapa perlombaan diselenggarakan di satu hotel, tapi dibagi beberapa titik sesuai dengan arahan untuk menghindari kerumunan,” lanjut Ongky.

Ia mengatakan pada event kali ini untuk cabang PUBG Mobile yang berkelompok, dilaksanakan secara online untuk menghindari kerumunan. “Sedangkan yang lainnya dilaksanakan di beberapa titik ruangan di Hotel Golden Tulip,” jelasnya.

Ia mengatakan walaupun acara dilaksanakan secara dadakan tapi antusian masyarakat sangat luar biasa. Terbukti dengan ratusan peserta yang mengikutinya.

“Adapun untuk pendaftar catur kita target 100 orang peserta dan tercapai, Peserta bridge 16 tim, PUBG Mobile 100 tim, Mobile Legends 64 tim sudah sesuai target,” jelasnya.

Daftar Juara

Kategori BRIDGE

Kategori E-Sport

  • Mobile Legend

Juara 1 : Cat Theron

Juara 2 : Untan Raven

Juara 3 : DNTeam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *