BASKET 3X3 KALBAR SIAPKAN MENTAL UNTUK PON XX PAPUA

Sporta Indonesia- Dua atlet asal Pontianak yaitu Nadia Callista dan Sally serta dua atlet asal Singkawang yaitu Julia dan Siska saat ini sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti PON XX di Papua Oktober mendatang. Mereka merupakan atlet untuk cabang olahraga basket 3×3 yang akan mewakili Kalimantan Barat dalam ajang PON XX di Papua.

Julia mengatakan bahwa persiapan dirinya dan tim sudah sejauh 80%.

“Sudah 80% persiapannya karena untuk latihan drill, endurance, sama individual skill sudah oke semua. Jadi sekarang pr kami hanya memperbanyak exhibition games untuk memperkuat chemistry dan kekompakan tim”, ungkapnya.

Exhibition games dipergunakan Julia dan tim untuk saling mengkoreksi kesalahan serta berdiskusi bersama coach. Tujuannya agar permainan selanjutnya mereka tidak melakukan kesalahan yang sama dalam bermain basket. Mereka juga melakukan sparing dengan klub-klub basket yang ada di Pontianak.

Selain program latihan dari drill, fisik, scrimmage game, dan strategi, coach cabor basket 3×3 juga memperhatikan psikologi dan mental para atlet. Pelatih dan para atlet mengadakan refreshing bersama, masak-masak dan makan bersama. Selain itu, keempat atlet diajak untuk bermain olahraga lain seperti badminton, billiard.

“Hingga saat ini secara psikologi dan mental para pemain sudah cukup siap utk bertanding, tetapi itu belum menjadi jaminan di papua nanti karena pada saat disana bisa saja ada faktor tertentu yg dapat mempengaruhi para pemain kita dari tim selalu mempersiapkan segala kemungkinan yg akan terjadi dan akan memberikan semua yg terbaik bagi Kalbar”, tambahan pelatih Aming.

Julia mengatakan kesehatan para atlet selalu diperhatikan oleh coach. “Tiap hari kami selalu minum vitamin C dan vitamin D. Selain itu juga dikasih telur rebus serta susu bear brand”.

Pada hari sabtu dan minggu mereka juga diberikan waktu libur untuk menikmati “me time”nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *