Azmi Hamsa Atlet Panahan Kalbar yang akan Bertanding di PON XX Papua

Azmi Hamsa adalah seorang atlet panahan kelahiran Selakau Kabupaten Sambas. Tapi dari kecil hingga kelas 5 SD ia besar di Lemukutan, Kabupaten Bengkayang.

 

Sebelum menjadi atlet panahan seperti saat ini, ia terlebih dahulu pernah menjadi atlet sepeda. “Iya sebelum jadi atlet panahan ini sebenarnya saya dulu ikut balap sepeda”. Azmi mengaku ia sempat beberapa kali pindah sekolah lantaran karena hobinya itu.

 

Terhitung dua tahun Azmi Hamsa menggeluti olahraga panahan. Ia bercerita bahwa ia tertarik dengan panahan karena temannya yang juga seorang atlet panahan. Waktu itu minta diajarin sama teman, nah diajakinnyalah”, ungkapnya. Saat mengikuti Pra-PON Azmi saat itu baru terhitung sepuluh bulan bermain panahan.

 

Azmi juga merupakan seorang mahasiswa di Politeknik Negeri Pontianak jurusan Perikanan Angkatan 2019. “Iya saya mahasiswa juga, ini sekarang sebenarnya lagi UAS”, ujarnya. Ia mengaku terkadang sesekali tidak fokus dalam latihannya lantaran harus membagi waktu latihan dan kuliah.

 

Tapi, ia bertekat untuk menjalankan kedua wajibannya, yaitu menjadi atlet dan menjadi mahasiswa. Menurutnya ia harus menyelesaikan perkuliahannya walau dalam kondisi apapun. Mengingat untuk dapat berkuliah juga merupakan hal yang tidak mudah. “Kadang ngerasa harus milih salah satu, tapi disatu sisi saya yakin saya bisa”.

 

Sebelum memutuskan untuk kembali menjadi seorang atlet, Azmi terlebih dahulu merantau untuk bekerja ke Batam. Namun ia harus pulang ke Pontianak lagi lantaran saat itu neneknya sedang sakit.

“Sebelumnya sempat kerja di Batam. Tapi karena nenek saat itu sakit dan ngga ada yang rawat jadi saya pikir saya saja yang rawat. Biar bibi-bibi saya lanjut kerja. Saya masih muda masih bisa cari kerja” ungkapnya.

 

Saat ini Azmi Hamsa sedang mempersiapkan diri untuk ajang PON XX Papua 2021. Azmi akan bertanding pada akhir September mendatang di Jayapura.

 

Penulis: Dea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *