6 TANDA SERANGAN JANTUNG SAAT OLAHRAGA

SPORTA INDONESIA– Dilansir dari Kompas.com, Dokter ahli jantung dari RS Mount Elizabeth Singapura Dr Paul Chiam menjelaskan, penyebab serangan jantung saat olahraga paling banyak berasal dari gangguan irama jantung atau aritmia.

Gangguan irama jantung tersebut jamak disebabkan gangguan penebalan otot jantung (kardiomiopati hipertrofik) serta kelainan kelistrikan jantung bawaan.

Menurut Dr Chiam, serangan jantung saat olahraga karena gangguan irama jantung tersebut lebih rentan dialami pria ketimbang wanita.

Berikut ini tanda-tanda serangan jantung saat olahraga:

  1. Dada Terasa Tidak Nyaman
    Rasa tidak nyaman di bagian dada seperti ditekan, diremas, atau sesak. Rasa tidak nyaman di dada tersebut terkadang ringan dan timbul tenggelam. Pastikan Anda segera setop berolahraga dan mencari pertolongan medis jika dada tak nyaman selama beberapa menit.
  1. Sesak
    Jika dada terasa tidak nyaman diikuti sesak napas atau napas jadi pendek-pendek saat olahraga juga bisa jadi gejala serangan jantung. Namun ingat, terkadang gejala ini tidak diawali masalah di bagian dada.
  1. Pusing
    Aktivitas fisik dan olahraga terkadang bisa menimbulkan rasa lelah sampai pusing, terutama bagi orang yang tak terbiasa menjalaninya. Akan tetapi, hati-hati jika Anda yang sudah biasa olahraga tiba-tiba pusing. Hal itu bisa jadi tanda serangan jantung dan alarm untuk segera setop berolahraga.
  2. Detak Jantung Tidak Seperti Biasa
    Olahraga intens biasanya membuat detak jantung jadi lebih cepat selama beberapa saat. Namun, hati-hati jika detak jantung jadi tidak beraturan atau berdebar-debar tak keruan. Segera berhenti olahraga dan minta pertolongan medis.
  1. Keluar Keringat Dingin dan Mual
    Hal yang lumrah jika Anda berkeringat sepanjang berolahraga. Hal yang perlu dikhawatirkan adalah keluarnya keringat dingin disertai mual karena bisa jadi gejala serangan jantung.
  1. Rasa tidak nyaman di lengan, punggung, leher, rahang, perut
    Tak hanya bagian dada, serangan jantung juga bisa memengaruhi bagian tubuh sekitarnya. Selain nyeri dada, ciri-ciri serangan jantung juga bisa berupa rasa tidak nyaman atau nyeri seperti ditekan di bagian lengan, punggung, leher, rahang, atau perut. Rasa tidak nyaman tersebut biasanya menyebar dari dada ke bagian tubuh sekitarnya. Jika Anda merasakan tanda-tanda serangan jantung saat olahraga di atas, segera setop dan cari bantuan medis.

 

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *