4 PENYEBAB JERAWAT SETELAH OLAHRAGA

Sporta Indonesia- Aktivitas fisik seperti berolahraga akan memicu pengeluaran keringat, minyak, dan bakteri dari dalam tubuh. Tanpa sadar, jerawat akan muncul setelah berolahraga.

Namun akan lebih baik jika kita mengenali penyebabnya supaya bisa menghindari jerawat muncul setelah olahraga. Dengan mengenali penyebabnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan dengan tepat.

Berikut macam-macam penyebab jerawat muncul setelah berolahraga, dilansir dari bola.com Kamis (14/4/2022).

  1. Memakai Makeup Saat Berolahraga
    Menggunakan makeup saat olahraga dapat meningkatkan pertumbuhan jerawat. Jadi, pastikan Anda membersihkan wajah sebelum berolahraga dengan menggunakan face cleanser. Pakai pelembap setelahnya untuk mencegah kulit kering.
  2. Handuk dan Pakaian digunakan Berulang

    Jika setelah banyak berkeringat Anda masih menggunakan pakaian yang sama, jerawat di punggung rentan timbul. Selain pakaian, gunakan juga handuk yang bersih atau baru dicuci sebelum berolahraga. Menggunakan handuk yang kotor atau dipakai berulang kali rentan menumpuk bakteri dan jamur sehingga memicu kemunculan jerawat. Gunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk ke kulit. Jangan digosok ke kulit karena dapat mengiritasi kulit. Pilih juga handuk berbahan lembut dan menyerap air.

  3. Tidak Menjaga Kebersihan Peralatan Olahraga
    Peralatan olahraga yang kotor menjadi sarang bagi bakteri dan penyakit. Maka itu, penting untuk menjaga kebersihan peralatan olahraga Anda. Sebelum dan sesudah berolahraga, pastikan untuk mengelap dan membersihkan alat-alat olahraga. Hal ini penting untuk mencegah bakteri di peralatan olahraga menempel di tubuh. Saat menggunakan fasilitas olahraga di gym, penting untuk membawa desinfektan. Bersihkan alat sebelum digunakan.
  4. Tidak Langsung Mandi Setelah OlahragaMandi setelah berolahraga itu hukumnya wajib. Sebab, bakteri, minyak, dan keringat yang keluar bisa jadi penyebab jerawat setelah olahraga. Jika menunda mandi setelah berolahraga, tanpa sadar mungkin tangan atau baju yang kotor menyentuh kulit. Jadi, cara untuk mencegah timbulnya jerawat karena olahraga adalah lekas mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *